Deretan Kesuksesan Timnas Indonesia Dari Masa Ke Masa

Deretan Kesuksesan Timnas Indonesia

Prestasi sepakbola Indonesia saat ini memang tidak begitu mentereng. Namun, perjalanan sejarah PSSI bukan melulu tentang kegagalan. Ada cukup banyak kisah sukses tim Garuda di kancah sepakbola internasional.

Sejarah bahkan sempat mencatatkan nama Indonesia sebagai Macan Asia di dunia persepakbolaan. Sayangnya, belum banyak prestasi lain dari PSSI yang bisa menyamai prestasi yang pernah ditorehkan di era emas sepakbola nasional.

Kiprah Terbaik Timnas Indonesia Sepanjang Masa

Perjuangan pahlawan sepakbola tanah air pernah mencapai titik terbaiknya. Berikut ini adalah beberapa catatan sukses yang pernah dimiliki oleh tim Garuda:

  1. Olimpiade 1956 di Melbourne

Timnas Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 1956. Kala itu, tim Garuda turut berpartisipasi di ajang Olimpiade Melbourne tahun 1956.

Pada event empat tahunan itu, Indonesia berhasil mencapai prestasi terbaiknya hingga saat ini, yaitu babak perempat final.

Di babak tersebut, Indonesia yang ditukangi oleh Antun Pogacnik harus menghadapi Uni Soviet, salah satu tim terkuat di dunia kala itu.

Pada pertemuan pertama, Indonesia berhasil menahan imbang tanpa gol. Sayang, pada pertemuan leg berikutnya, Indonesia digilas 4 gol tanpa balas.

  1. Merdeka Games Tahun 1961

Torehan membanggakan lain pernah terjadi pada Merdeka Games, sebuah turnamen yang dilakukan pada tahun 1961.Kala itu, tim racikan Pogacnik menghadapi tuan rumah Malaysia di babak final.

Pertandingan itu sangat menguji mentalitas pemain Indonesia karena bermain di hadapan ribuan fans Malaysia.

Namun, kemenangan fantastis berhasil direbut oleh Indonesia, yang menjinakkan Malaysia dengan skor 1-2. Gelar ini sangat penting, karena membuka jalan Indonesia untuk memenangkan turnamen lain di era 1961 hingga awal era 1970-an.

  1. All Indonesian Final di Pesta Sukan tahun 1972

Pada turnamen Pesta Sukan, Indonesia mengutus tim A dan tim B. Kedua tim tersebut sejatinya memiliki kekuatan yang cukup berimbang. Terbukti, kedua tim asuhan Endang Witarsa itu berhasil melaju hingga babak final, All Indonesian Final.

Baca Juga : Rekomendasi Buku Terbaru Rilis April 2019 Lalu

Pada turnamen di Singapura itu, Indonesia A berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Indonesia B dengan kedudukan 2-1.

Prestasi itu membuat Indonesia memborong 4 piala sekaligus. Yaitu, piala turnamen, piala top skor, piala penghargaan untuk skuad bertahan terbaik, serta piala untuk Indonesia A sebagai tim dengan gol terbanyak di kompetisi itu.

  1. Hampir Lolos Turnamen Piala Dunia Edisi Tahun 1986

Piala Dunia Meksiko tahun 1986 masih menjadi kenangan bagi pemerhati dan pecinta sepakbola tanah air. Saat itu, Indonesia hampir menjadi peserta turnamen sepakbola terbesar sedunia itu. Sayangnya, Indonesia harus pulang di fase terakhir penyisihan Asia.

Indonesia yang berada di grup B, berjumpa dengan Korea Selatan pada penyisihan terakhir.

Pada pertemuan leg pertama, Indonesia dikalahkan dengan skor 2-0. Leg berikutnya, Indonesia gagal memanfaatkan posisi sebagai tuan rumah, dengan kalah 1-4.

  1. Medali Emas ASEAN Games 1991

Di era ini, timnas Indonesia diisi nama-nama legendaris, seperti Widodo C. Putro, Rochy Putiray, Robby Darwis, Raymond Ferril Hattu, hingga kiper kawakan Eddy Harto. Pelatih Indonesia saat itu adalah Anatoly Polosin, menerapkan latihan fisik berat untuk para penggawa timnas.

Latihan berat itu rupanya membuat para jagoan lapangan hijau Indonesia berhasil tampil trengginas hingga babak final.

Adalah Eddy Harto dan Sudirman yang menjadi pahlawan Indonesia untuk memboyong medali emas ASEAN Games, sebuah prestasi yang belum bisa diulang hingga kini.

Itulah tadi lima catatan emas timnas Indonesia di kancah internasional. Di era saat ini, timnas senior Indonesia masih belum bisa berbicara banyak di pentas dunia. Namun, timnas U-19 dan U-23 memiliki bibit