Mengenal Budaya Amerika Latin Melalui 5 Novel Ini

Mengenal Budaya Amerika Latin

Beberapa karya sastra yang ditulis umumnya memiliki unsur pengenalan kebudayaan yang melekat kuat dibenak penulisnya. Sama seperti penulis Indonesia yang terkadang menyelipkan kebiasaan atau kebudayaan Indonesia, penulis Amerika Latin turut melakukan hal yang sama.

Karya sastra Amerika Latin mungkin tidak familiar untuk kita, padahal ada banyak cerita menarik dan unik yang bisa kita ambil hikmah dan unsur positifnya. Menceritakan tentang kebudayaan, kehidupan social, ekonomi, dan politik dari negara tersebut.

5 Rekomenasi Novel Populer Untuk Mengenal Kebudayaan Amerika Latin

Tidak beda jauh dari Amerika Serikat, Amerika Latin juga memiliki ciri khas kebudayaan yang melekat sejak lama yang terus dipertahankan tradisinya dari nenek moyang.

Berikut ini beberapa novel yang mengangkat kebudayaan Amerika Latin yang bisa menjadi bahan bacaan disaat senggang:

1. Luis Sepulveda- Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta

Untuk memudahkan pembaca Indonesia memahami isi dari novel ini maka novel ini sengaja diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Novel ini termasuk salah satu novel paling populer dan legendaris yang mengangkat isu lingkungan dan tema keragaman etnis di Amerika Latin.

Menceritakan tokoh utama, Antonio Jose Bolivar yang hidup sendiri di pedalaman Ekuador. Untuk menghibur dirinya yang hidup menyepi, Antonio meminta kenalannya untuk mengirimkan beragam novel romanits. Uniknya, kehidupan yang dijalani oleh Antonio ternyata tidak sesedarhana itu.

2. Erika L. Sanchez- I am Not Your Perfect Mexican Daughter

Mungkin tidak banyak orang Indonesia yang tahu jika dalam budaya Meksiko, anak gadis tidak diperkenakan untuk meninggalkan keluarganya terutama setelah menamatkan bangkus SMA.

Novel ini memiliki jalan cerita tragis yang mengharu biru, apalagi tokoh utamanya memiliki kecenderungan melawan budaya Meksiko. Alur cerita yang misterius selalu membuat kita merasa penasaran untuk membaca novel ini sampai habis.

3. Quesadillas

Novel ini menceritakan seorang anak lelaki yang tinggal bahagia bersama keenam saudara dan orang tuanya. Hingga suatu hari, secara misterius kedua kakaknya menghilang. Sebagai adik yang baik yang cinta keluarga, Orestes berani menempuh berbagai jalan untuk menemukan kedua kakaknya.

Dia melakukan pencarian seorang diri hingga secara tidak sengaja banyak bertemu dengan orang baru yang kemudian memberikannya banyak pandangan tentang politik Meksiko.

Pikirannya yang sangat kritis, membawa Orestes pada kenyataan-kenyataan yang baru hingga pada akhirnya dia berhasil mendapatkan jawaban yang selama ini dinantikannya.

4. Samanta Schweblin- Fever Dream

Latar belakang dari cerita fiksi ini terjadi di Argentina, salah satu negara di Amerika Latin. Amanda yang sakit dirawat di salah satu rumah sakit, sepanjang perawatannya tersebut dia ditemani oleh David seorang pemuda misterius.

Banyak orang yang mengatakan jika novel ini mampu memberikan efek misterius bahkan membuat pembacanya merinding. Terutama setelah mengetahui rahasia perjalanan dari hidup Amanda serta anak perempuannya.

5. Alejandro Zambra- Meus Documentos

Alejandro Zambra merupakan seorang penulis populer yang berasal dari Chili. Kumpulan cerita ini mengisahkan tentang banyak hal. Tapi yang pasti novel ini mampu membangun korelasi yang baik antara hubungan social dan politik yang memiliki gejolak di Amerika Latin.

Novel ini sekilas lebih mirip seperti draft catatan biasa, jadi meskipun kamu tidak begitu suka baca buku, kamu tetap bisa memahami rima cerita yang dituliskan oleh Alejandro.

Ceritanya dibuat sangat sederhana tapi tetap bisa menarik minat dan perhatian dari para pembacanya.

Itulah lima daftar novel populer dengan latar belakang kebudayaan Amerika Latin yang cocok kamu baca untuk menambah pengetahuan dan informasi. Sebenarnya masih banyak sekali novel yang tidak kalah populer dan bagus dari kelima novel di atas, tapi lima rekomendasi diatas sepertinya sudah cukup untuk mengenal budaya Amerika Latin.