Tips Membuat Puisi Bagi Seorang Pemula

Tips Membuat Puisi Bagi Seorang Pemula

Dahulu kita belajar membuat puisi di sekolah untuk nilai bahasa Indonesia dan kini kita membutuhkan puisi untuk kepentingan tertentu. Entah untuk merayu seorang wanita atau untuk menghibur diri yang patah hati. Beberapa orang membuat puisi untuk dibagikan ke media social.

Puisi merupakan karya seni tulis yang memiliki keindahan yang berbeda dari novel atau cerpen. Puisi hanya terdiri dari beberapa kalimat yang tersusun dengan epic sehingga menjadi satu bait puisi yang indah dan sistematis.

Bila cukup berbakat, kamu bisa menciptakan puisi yang mampu menggetarkan hati banyak orang.

Inilah Tips Jitu Membuat Puisi yang Bagus Bagi Pemula

Puisi bisa dikatakan jelek atau bagus itu tergantung dari penilaian orang yang membacanya. Karena semua orang memiliki karakter dan kerpribadian yang berbeda sehingga dalam memberikan nilai juga berbeda.

Meskipun tidak ada standart baku mengenai bagus atau tidaknya puisi, setidaknya beberapa hal berikut ini akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat puisi:

1. Menentukan Tema

Sama seperti membuat artikel, membuat puisi harus diawali dengan menentukan tema terlebih dahulu. Tema ini berhubungan erat dengan konsep yang telah kamu pilih untuk membuat sebait puisi.

Contohnya ketika kamu bermaksud untuk membuat puisi tentang persahabatan, maka cari konspe dan alur yang masih ada hubungannya dengan persahabatan. Kembangkan konsep dengan sebaik mungkin sehingga puisi yang kamu hasilkan tidak bersifat dangkal tapi justru memiliki makna yang mendalam.

2. Menemukan Gaya Bahasa Sendiri

Seorang penulis bisa menjadi terkenal karena memiliki gaya bahasa sendiri yang unik dan menarik. Tidak hanya bertanggung jawab untuk menghasilkan tulisan yang menghibur dan membangun, tapi turut menciptakan karya tulis yang original.

Sebagai karya tulis, puisi pun harus memiliki standar gaya bahasa yang original. Tidak mungkin kamu mengakui karya orang lain sebagai karya milikmu sendiri jika tidak mau dituduh pelaku plagiarsm.

Kamu mungkin membaca banyak puisi dan sajak milik penyair terkenal tapi jangan mencoba menjadi seperti mereka. Usahakan untuk mengembangkan gaya bahasa sendiri jika memungkinkan buat puisi yang lebih baik dari idolamu.

3. Menentukan Judul dan Konsep

Poin ini merupakan syarat utama untuk menghasilkan puisi yang baik dan bernilai seni tinggi. Karena tanpa konsep, puisi yang kamu buat tidak akan memiliki makna.

Orang yang membacanya mungkin tidak akan memahami dengan baik, feeling apa yang ingin kamu sampaikan.

Baca Juga : Berkenalan dengan Buku ‘Silly Gilly Daily’ Karya Naela Ali

Maka dari itu, sebelum membuat puisi siapkan konsep dan judul yang bagus terlebih dahulu. Setelah keduanya sudah ditemukan, lanjutkan dengan membuat alur lalu puisi yang bagus pun bisa kamu ciptakan.

Di dunia tulis menulis, ada banyak sekali judul dan tema yang bisa kamu kembangkan untuk membuat karya puisi yang indah dan estetik. Menariknya lagi, puisi yang cukup bagus dan berima bisa dikembangkan menjadi sebuah lagu yang bagus.

4. Mengembangkan Puisi Dengan Bahasa yang Indah

Sebagai seorang pemula yang ingin mengembangkan puisi dengan baik, cara termudah melakukannya adalah dengan mempelajari tata bahasa yang indah.  Puisi memiliki jumlah kata yang sangat sedikit, berbeda dari novel yang terdiri dari ribuan kata.

Saat mampu membuat puisi dengan gaya bahasa yang indah artinya kamu telah menjadi penulis puisi yang cerdas dan profesional. Dan untuk mendapatkan hal tersebut, kamu harus banyak membaca buku untuk mengembangkan kosakata.

Sebenarnya proses pengembangan kosakata tidak hanya diperoleh dari berbagai buku cetak tapi bisa juga diperoleh dari menonton film atau mempelajari kamus bahasa.

Itulah beberapa tips jitu yang bisa menuntunmu untuk menghasilkan puisi yang indah dan bernilai seni tinggi. Kamu mungkin bukan seorang pujangga yang populer tapi bukan berarti kamu tidak bisa menghasilkan puisi yang mampu disukai oleh banyak orang. Intinya hanya harus belajar terus dan mencoba tanpa kenal putus asa.