Tips Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah

Tips Memilih Kacamata Berdasarkan Bentuk Wajah

Dahulu, menggunakan kacamata bisa dibilang sebagai sebuah kecacatan. Sebab, mengenakan kacamata dipastikan karena memiliki kelainan pada mata, khususnya minus. Namun, kacamata kini sudah menjadi bagian tak terpisahkan untuk urusan gaya trendy.

Memang, sejak dahulu kacamata hitam atau sunglass adalah jenis kacamata yang dikenakan sebagai aksesoris. Tetapi, seiring perkembangan jaman, kacamata dengan lensa bening pun bisa menjadi aksesori pemanis penampilan.

Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

Sayangnya, tidak semua orang cocok untuk mengenakan semua jenis kacamata. Sebab, sebagai aksesoris, kacamata tentunya meningkatkan pesona pada wajah.

Itu sebabnya, bentuk kacamata harus disesuaikan dengan bentuk dasar wajah kita. Berikut tipsnya:

  1. Wajah Bundar

Ciri-ciri wajah yang bundar adalah bentuk dahi yang sedikit lebar, pipi tembam, dan bagian dagu yang membulat. Bisa dikatakan, wajah yang bundar agak sulit disiasati, selain menggunakan make up tentunya. Nah, pipi adalah bagian wajah yang bisa disiasati agar nampak lebih catchy dengan mengenakan kacamata.

Hindari penggunaan kacamata bundar, karena itu justru akan membuat keseluruhan wajah akan nampak semakin bulat dan chubby. Sebesar apa pun trend di sekitar kita tentang kacamata bundar, itu haram bagi si wajah bundar.

Kenakanlah kacamata dengan bingkai atau frame berbentuk segi empat, atau banyak segi. Tujuannya adalah untuk memberi ilusi yang lebih tegas pada wajah yang bundar. Perhatikan juga bagian gagangnya, pastikan posisinya cukup tinggi dan tidak terlalu tebal. Jika tidak, bagian wajah yang bundar akan semakin terlihat ‘berat’.

  1. Wajah Segitiga

Perhatikan wajah Anda. Jika memiliki ciri-ciri rahang memanjang, dengan dagu cenderung runcing, maka bentuk wajah Anda adalah segitiga. Ilusi kacamata yang tepat dapat meminimalisir ketidakseimbangan komposisi antara dahi dan dagu.

Jenis kacamata yang tepat adalah yang memiliki komposisi ketebalan bingkai yang lebih besar di bagian atas. Contohnya adalah nylor maupun kacamata half frame. Kacamata jenis cat eye juga bisa menjadi pilihan yang modis. Pastikan gagang kacamata tidak lebih tebal daripada frame.

  1. Wajah Kotak

Yang dikatakan wajah persegi adalah wajah dengan komposisi tulang pipi, dahi, dan rahang yang kaku dan tegas. Pilih jenis kacamata yang bisa memberikan dimensi yang lebih membulat pada wajah persegi, khususnya untuk menciptakan sudut di bagian pipi.

Pertimbangkan untuk memilih tipe kacamata dengan bentuk tumpul atau lancip ke atas seperti cat eye. Yang terpenting, ukuran lebar frame harus lebih lebar dari tulang pipi, supaya bagian tersebut bisa terlihat lebih lunak. Jangan sekali-kali mengenakan frame kotak, yang tentunya membuat wajah terlihat semakin kaku.

  1. Wajah Hati

Karakteristik wajah hati tentu saja berbentuk menyerupai hati. Ciri-cirinya adalah bagian dahi yang lebar, bagian tulang pipi cukup tinggi dan cenderung menyempit. Sehingga membentuk ilusi bentuk hati pada keseluruhan wajah.

Baca Juga : Kenali Fitur Live Chat Poker Online Supaya Tidak Bingung!

Anda dengan bentuk wajah seperti ini membutuhkan jenis kacamata untuk membuat keseluruhan wajah nampak lebih  panjang. Caranya mudah, kenakan kacamata dengan lensa melayang, atau lebih umum disebut dengan frameless.

Pilihan lain adalah kacamata dengan bentuk umum bulat seperti aviator maupun cat eye. Usahakan pilih kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar dari dahi, guna menyeimbangkan komposisi wajah.

  1. Wajah Diamond

Ciri-ciri wajah berbentuk berlian adalah bagian dahi yang sempit, tulang rahang dan pipi yang tegas, serta dagu yang mengerucut. Bentuk wajah seperti ini memang cukup jarang, sehingga sedikit rumit untuk memilih kacamata yang tepat.

Kacamata dengan frame separuh bisa menjadi pilihan. Pastikan lebarnya melebihi bagian dahi, sehingga memberi sentuhan yang lebih halus pada bagian tulang pipi. Efeknya, wajah akan terlihat lebih proporsional.

Pastikan juga jenis kacamatanya tidak memiliki banyak sudut, karena hal itu justru akan membuat wajah terlihat semakin bersudut.

  1. Wajah Oval

Beruntunglah bagi Anda yang memiliki wajah oval. Mereka dengan wajah oval memiliki alur rahang yang halus, dagu sedikit runcing, dengan tulang pipi yang tinggi. Bisa dikatakan, wajah oval sangat cocok mengenakan semua jenis kacamata.

Untuk eksperimen, Anda yang berwajah oval bisa mencoba beragam jenis kacamata. Namun, pastikan ukuran kacamata tidak melebihi bagian terluas pada bagian wajah, karena dapat merusak komposisinya. Guna memperkuat garis wajah, penggunaan frame tebal bisa menjadi pilihan